Pendekatan Dalam Studi Islam | Pawang SMart

Pendekatan Dalam Studi Islam

 Hai vroohh selamat malam kali ini saya akan memberikan sedikit tentang Pendekatan Dalam Studi Islam. Pendekatan Studi Islam akan di bagi menjad Bebagai model pendekatan studi islam dan Hakikat pendekatan. Ini adalah sebuah rangkuman dari buku yan saya baca, jadi tidak bisa mendetail. Oke langsung saja hajaarrr . .

A. Berbagai model pendekatan studi islam

1. Pendekatan religius/normatif
Pendekatan yang mengacu pada pendekatan yang pada dasarnya digunakan oleh mereka yang mengkaji islam. Tujuannya mencoba mempengaruhi orang lain agar tertarik pada agamanya. Intinya ini seperti orang yang mencari seorang mualaf.
Pendekatan religius/normatif dibagi menjadi 3 tipe :
a.Pendekatan misionaris tradisional
b. Pendekatan apologetik muslim
c. pendekatan simpati

2. Pendekatan deskriptif
Pendekatan yang mengkaji agamanya tapi tidak berupaya mempengaruhi orang lain, pendekatan ini bersifat netral, tidak seperti pendekatan normatif yang mencoba mempengaruhi orang lain untuk mengikuti agamanya.

3. Pendekatan historis
Pendekatan historis yaitu ilmu yang membahas berbagai peristiwa dengan menggunakan unsur-unsur tempat dan sebagainya yang berkatian dengan manusia dan sebagainya.

4. Pendekatan sosiologis
Pendekatan sosiologis yaitu pendekatan yang berkaitan langsung dengan manusia dan segala aspek yang melingkupinya.

5. Pendekatan antropologis
Pendekatan antropologis yaitu pendekatan yang menggunakan salah satu cara melihat dan meneropong praktik kegamaan dan umat bergama yang tumbang dan berkembang dalah kehidupan masyarakat.

6. Pendekatan teologi
Pendekatan teologi yaitu suatu ilmu yang mengkaji tentang seluk beluk ketuhanan. Jadi ini seperti orang yang masih galau belum bisa menemukan tuhannya. Pendekatan teologi dibagi 2 yaitu :
a. Teologi normatif yaitu ilmu yang berupa memahami agama dengan menggunakan kerangka ketuhanan.
b. Teologi dialogis yaitu suatu ilmu yang mengkaji dengan menggunakan prespektif agama dengan agama. Jadi ini seperti membandingkan agama satu dengan agama lain sampai menemukan mana agama yang memiliki tuhan yang paling benar.

7. Pendekatan filsafat
Pendekatan filsafat sangat dibutuhkan dalam mengkaji studi islam karena berkaitan dengan akal dan rasa maupun nafsu pada diri manusia.

8. Pendekatan psikologi
Pendekatan psikologi yaitu pendekatan yang menyoroti atau cara manusia beragama dengan mempelajari jiwa seseorang dengan melihat gejala atau perilaku yang bisa dan mungkin dapat diamati atau dilihat.

B. Hakikat Pendekatan
 Hakikat pendekatan yaitu cara pandang seseorang atau juga bisa sebuah paradigma yang terdapat dalam sebuah bidang ilmu, yang pada akhirnya akan digunakan dalam memahami hakikat agama.

 Kesimpulan: sekrang lagi deketin siapa vrohh? haha . . oke makasih sudah mau menyempatkan waktunya untuk membaca sebuah ringkasan sebuah buku ini.