Telaah Studi Islam di Perguruan Tinggi | Pawang SMart

Telaah Studi Islam di Perguruan Tinggi

Hai Vroohh selamat pagi . Jangan lupa bersyukur masih bisa bernafas sampai detik ini. Oke kali ini saya akan posting tugas saya dari dosen agama saya, jadi terpaksa deh baca bukunya dosen buat mengerjakan tugas tentang merangkum Telaah Studi Islam di Perguruan Tinggi wkwk Oke langsung hajar saja .


A. Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi
         " Diseluruh orang selalu tidak puas dengan hasil-hasil yang diperoleh dari perguruan tinggi. Masyarakat selalu menuntut lebih dari hasil yang dihasilkan oleh perguruan tingi. Memang suatu kenyataan bahwa lulusan perguruan tinggi tidak seluruhnya dapat menghayati dinamika perubahan didalam masyarakatnya " Mukti Ali. Nahh untuk itulah peran Pendidikan Agama dalam perguruan tinggi untuk memberikan sebuah tuntunan dalam bermasyarakat yang akan menghasilkan lulusan profesional dan bertanggungjawab didalam masyarakat yang akan menimbulkan dampak postif.

B. Hakikat Studi Islam
1. Arti Kata Islam
          Secara sederhana pengertian agama islam adalah suatu ajaran yang diwahyukan dari Allah kepada manusia melalui Nabi Muhammad SAW sebagai seorang nabi dan rasul. Agama Islam dikembangkan secara ideologis secara riil.
2. Metodologi Islam
         Ilmu tentang cara bagaimana untuk sampai pada tujuan tertentu. Dalam metodologi, terbuka luas untuk mengkaji, mendebat, dan mereflesikan cara kerja suatu ilmu
3 Model Pendekatan Suatu Islam
        Terdapat dua yaitu Metode pendekatan religius atau normatif dan Metode pendekatan diskriptif. Masing - masing model tersebut dibagi menjadi 3 kategori.

C. Ruang Lingkup Studi Islam
         Ruang lingkup studi islam berkaitan dengan hakikat studi islam. Hakikat studi islam adalah Usaha sadar untuk mengetahui dan memahami yang berhubungan dengan agama islam seperti ajaran, sejarah, dan praktek pelaksanaanya sepanjang sejarah.
1. Ilmu Agama
          Ilmu Agama adalah ilmu yang mempelajari dalam menggali oase kebenaran agama berdasarkan wahyu dan rasio manusia.
2. Pengetahuan Agama
          Pengetahuan agama merupakan pengetahuan yang berasal dari rasa ingin tahu dan ragu-ragu terhadap agama tanpa mengubah makna agama tersebut.

D. Urgensi Studi Islam
  1. Dampak dari ilmu pengatahuan dan teknologi
  2. Pembaruna pemikiran Masadepan
  3. Menegakkan Islam yang universal
Cukup disini saja ya vroohh soalnya yang saya rangkum dari bab 1 cuma ini, bab 2 dan seterusnya tunggu minggu depan, soalnya tugasnya perminggu -.-
Oke terimakasih sudah mampir.
Sampai jumpa.