Pengertian Matriks dan Contohnya | Pawang SMart

Pengertian Matriks dan Contohnya

Hai Vroohh Selamat Pagi . . Udah mandikah ? Belum pastinya wkwk . . Vroohh jangan lupa bersyukur ya, syukuri aja kehidupan kita ini banyak orang yand diluar sana menginginkan sebuah kehidupan seperti kita. Sungguh kita bisa hidup didunia itu adalah suat nikmat yang luar biasa, apalagi kalau kita diberi hidayah, woww . . itu adalah nikmat yang sangat luar biasa subhanallah . .
Ya langsung saja kali ini saya akan memberikan Apa itu Pengertian Matriks ? Nanti ada pengertian determinan matriks, macan - macam matriks, pengertian matriks invers, mungkin sih wkwk . .Nanti juga ada Contoh Matriks cukup lengkap deh pokoknya selain Pengertian Matriks, tapi di posting selanjutnya wkwk . . langsung aja hajar deh  . .

1.       Pengertian Matriks



Matriks adalah kumpulan unsur–unsur yang disajikan dalam dua buah kurung  (kurung biasa atau kurung siku) dimana setiap unsur dinyatakan dalam baris dan kolom.

Nama suatu matriks  biasanya dilambangkan dengan menggunakan huruf besar atau  huruf kapital. Seperti A, B, C, …., dan seterusnya.



Bagian manakah yang disebut baris dari suatu matriks dan bagian mana pula yang disebut kolom dari suatu matriks?

Perhatikan matriks B sebagai berikut;

Bentuk umum Matriks:

Jadi matriks A mempunyai 2 baris dan 3 kolom. Dikatakan bahwa ordo (ukuran) matriks A adalah 2 x 3. Dan kita dapat menuliskannya A .
Bilangan-bilangan 1, 9, 4, 5, 6, 7 disebut elemen-elemen dari matriks A.
Pada baris pertama dan kolom pertama kita dapatkan elemen 1;
Kita tulis:   = 1.
Pada baris pertama  dan kolom kedua  kita dapatkan elemen 9;
Kita tuliskan: = 9.
Notasi   menunjukkan elemen pada baris ke-n dan kolom ke-m.
Sehingga:  =7.


Hai vroohh sampi disini dulu aja ya untuk pengertian matriks dan contohnya, untuk posting selanjutanya akan ada macam - macam matriks jadi tunggu ya . .
Terimakasih sudah meluangkan waktunya . .
Sampai jumpa . .