10 Cara Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Otak Kiri dan Kanan | Pawang SMart

10 Cara Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Otak Kiri dan Kanan


Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana membuat otak Anda bekerja lebih keras untuk Anda, dan bagaimana meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan kemampuan Anda menggunakan kedua belahan otak kiri dan kanan ?

Penulis sains, Yunus Lehrer mengemukakan beberapa cara yang tak terduga yang  dapat membantu otak Anda tetap fit dan tajam. Menurut Lehrer, sepuluh prinsip pemikiran yang lebih baik dapat Anda terapkan untuk meningkatkan pikiran Anda sendiri. Berikut adalah 10 prinsip untuk meningkatkan kemampuan berfikir Anda:

1. Tekan emosi Anda - jika emosi Anda naik, jangan berusaha untuk melawannya, tapi gunakan kekuatan Anda untuk berusaha menekan atau mengendalikannya dengan halus.  Jangan  menghindari apa yang mereka katakan, tapi mendengarkan dan menurutinya jika memungkinkan. Perasaan ini datang dari suatu tempat, dibawa oleh fakta-fakta di luar kesadaran Anda.

2. Percaya insting Anda - setelah Anda telah mengembangkan keterampilan, waktu yang diinvestasikan telah memberikan naluri handal, sehingga naluri sering dapat dipercaya.

3. Pertimbangkan alternatif - otak secara alami menyaring dunia untuk mengkonfirmasi apa yang di percaya, sehingga jika suatu hal telah Anda pilih, coba pertimbangkan hal lain sebagai alternatif. Hal ini berarti Anda memberi tugas otak Anda yang menjadikan otak Anda lebih tajam.

4. Tahu apa yang Anda suka - tidak tertipu oleh label harga atau popularitas, memutuskan sendiri apa yang baik untuk Anda, dan apa yang tidak.

5. Berlama-lama mandi - cobalah jika ada waktu luang, gunakan untuk mandi lebih lama. Penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pada suatu masalah sering terjadi ketika Anda telah tidak fokus pada masalah tersebut, kemungkinan besar alasan untuk ini adalah pikiran akan bekerja lebih baik ketika bebas dari stres.

6. Jangan menekan daya ingat Anda - jangan menekan memori terlalu keras, santai saja, tindakan berusaha keras mengingat suatu peristiwa atau mengingat dimana  Anda meletakkan barang misalnya, maka semakin Anda mengingatnya, semakin kurang akurat ingatan Anda.

7. Jangan berlebihan - korteks prefrontal, yang bertanggung jawab untuk tekad dan semangat akan lemah jika sering digunakan secara berlebihan. Anda dapat melakukan banyak hal, namun jangan lakukan semua itu pada waktu yang sama. Jadi, multitasking tidak efektif.

8. Belajar dari kesalahan - orang sukses memperhatikan kesalahan yang pernah terjadi, serta terus mencari apa yang mereka bisa memperbaikinya.

9. Hindari lamunan - melamun hanya akan menghilangkan kreativitas, ketika seseorang melamun, maka dia tanpa sadar membuat cara berfikirnya semakin tumpul.

10. Pikirkan diri Anda - introspeksi mungkin menjadi kunci untuk penilaian yang baik, Anda akan menggunakan pikiran Anda mencari apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan Anda. Ini menjadikan otak Anda semakin tajam.

Melakukan hal-hal seperti diatas sangat bagus untuk melatih diri Anda menggunakan kedua sisi kiri dan kanan otak cara yang efektif untuk membangun kekuatan otak sehingga bisa meningkatkan kecerdasan otak anda. Tantang diri Anda - hanya sepuluh menit dari aktivitas mental sehari mungkin cukup untuk mengurangi risiko penurunan mental.