Argumen ISU GENDER: Perempuan Karier Salahkah ? | Pawang SMart

Argumen ISU GENDER: Perempuan Karier Salahkah ?

A. Telaah Teologi (Agama)




Ada 3 kategori penilaian yang melekat pada diri kaum perempuan atas karir atau status yang melekat pada dirinya,pertama,kaum perempuan (Siti Hawa) diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam AS. Kedua,kaum perempuan diciptakan hanya untuk melengkap keinginan dan hasrat kaum laki-laki. Ketiga,kaum perempuan menjadi penyebabutama kejatuhan manusia ke bumi.

B. Telaah Faktor Keilmuan



Manusia adalah makhluk iologis yang mempunyai karakteristik tersendiri. Perkembangan kesadaran dan kecerdasan manusia tidak sematamata ditentukan oleh fakor genetik tetapi juga faktor lingkungan.

C. Telaah Faktor Budaya



Harus kita akui bahwa didalam masyarakat kita persoalan gander belum memberikan “angin segar” berkaitan dengan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Realitas dan contoh yang masih kita dapat sampa saat ini adalah bahwa dalam komunitas masyarakat tradisional dan masyarakat modern sekalipun masih menganggap laki-laki dalam pembagian kerja secara pertimbangan seksual. Diidentikkan sebagai pemburu dan perempuan sebagai pengasuh.

D. Problema Karier Perempuan



Pertimbangan janis kelamin sering kali menjadi faktor dalam promosi karir perempuan. Agaknya, kita sering saksikan dan temukan realitas karyawan atas staf PNS perempuan menampilkan diri sebagai sosok yang tidak dapat diperhitungkan.misalya, adanya dispensasi bagi perempuan dalam dengan alasan anak-anaknya atau mengurus suami, apalagi berkaitan misalnya dengan cuti menstruasi, melahirkan, atau enyusui bayinya.
Sebaiknya di era reformasi saat ini,dalam institusi manapun hendakna kebijakan yang akan diterapkan tetep berdasarkan pertimbangan yang tidak merugikan kaum perempuan atas karir yang mereka tempuh. Semua ini akan kembali kepada subjek pembuat kebijakan dan objek yang akan menerima kebijakan.